Cara Mengganti Oli Mobil Sendiri di Rumah, Hemat Biaya

bang didit

Ads - After Post Image

Bagaimana cara mengganti oli mobil sendiri tanpa harus pergi ke bengkel? Temukan panduannya disini. Kami akan menjelaskan secara detail untuk ganti oli mobil sendiri tanpa bantuan mekanik, jadi Anda akan lebih hemat biaya pengeluaran.

Salah satu perawatan mobil yang paling penting adalah mengganti oli nya secara teratur. Biasanya mengganti oli mobil yang baik adalah setelah jarak tempuh 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali.

Cara ganti oli mobil terlihat begitu rumit, namun sebenarnya Anda bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke bengkel. Dikutip dari laman resmi Daihatsu, Berikut panduan ganti oli mobil sendiri dalam beberapa langkah mudah!

Tapi sebelum itu Anda juga mesti menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan seperti kunci pas dan oli baru yang akan digunakan pada mobil Anda. Tidak lupa juga filter oli yang baru supaya penyaring berfungsi dengan baik. Jika sudah, silahkan ikuti langkah berikut:

Panduan Cara Ganti Oli Mobil Sendiri

Mungkin sebagian orang akan menganggap ribet mengganti oli mobil sendiri, namun ini hal yang bagus karena Anda bisa menghemat uang dan pengerjaan bisa dilakukan secara detail menyendiri. Berikut langkah cara ganti oli mobil sendiri.

  1. Pertama, silahkan nyalakan mesin mobil Anda selama beberapa menit untuk memanaskan oli agar mudah mengalir. Setelah itu silahkan matikan mesin dan biarkan sebentar agar dingin.
  2. Jika dirasa sudah dingin, sekarang siapkan baskom besar atau ember di bawah penutup oli mesin untuk menampung oli bekas atau oli lama di mobil Anda.
  3. Gunakan kunci pas untuk membuka penutup oli mobil dan biarkan oli lama mengalir ke dalam baskom. Pastikan oli lama terkuras habis tanpa sisa.
  4. Selanjutnya buka filter oli yang lama dan pasangkan filter yang baru. Ohya, sebelum memasang filter oli yang baru, Anda harus mengoleskan sedikit oli baru pada pinggiran filter untuk mencegah kebocoran. Pasang filter oli yang baru dengan tangan dan jangan terlalu kencang memasangnya.
  5. Hampir selesai, sekarang tinggal memasang oli baru ke mobil kesayangan Anda. Buka penutup penambahan oli dan isi mesin dengan oli baru sesuai dengan spesifikasi mobil. Gunakan alat bantu jika sulit mengakses lubang penambahan oli.
  6. Pastikan Anda mengisi oli sesuai kapasitas yang benar. Gunakan tongkat pengukur oli untuk mengecek apakah sudah pas atau kurang. Lalu silahkan nyalakan mesin dan biarkan selama beberapa menit. Tujuannya agar oli baru menyebar ke sela sela mesin yang harus dilumasi.
  7. Terakhir, silahkan bersihkan area kerja Anda dan amankan baskom bekas oli dengan baik. Oli bekas harus didaur ulang dengan aman dan tidak boleh dibuang sembarangan.

Tips Merawat Oli Mobil

Cara mengganti oli mobil sendiri

Merawat oli mobil dengan baik adalah kunci untuk memastikan kinerja mesin yang optimal dan umur mesin yang lebih panjang. Salah satu aspek utama dalam perawatan ini adalah secara rutin memeriksa level oli dan mengisinya jika diperlukan. Selain itu, penggantian oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh produsen mobil sangat penting untuk mencegah penurunan kualitas oli.

Pemilihan oli yang sesuai dengan jenis dan spesifikasi yang direkomendasikan juga berperan besar dalam menjaga kesehatan mesin. Pemanasan mesin sebelum berkendara, pemantauan tekanan oli, dan pencegahan overloading juga termasuk dalam langkah-langkah penting. Berikut tips merawat oli mobil dengan baik.

  • Periksa Level Oli Secara Berkala: Pastikan untuk memeriksa level oli secara rutin dan mengisi jika diperlukan. Jangan biarkan level oli terlalu rendah.
  • Ganti Oli Sesuai Jadwal: Ikuti jadwal penggantian oli yang direkomendasikan oleh produsen mobil. Penggantian oli secara teratur dapat memperpanjang umur mesin.
  • Gunakan Oli yang Sesuai: Pilih oli yang sesuai dengan jenis dan spesifikasi yang direkomendasikan oleh produsen mobil Anda.
  • Pemanasan Sebelum Berkendara: Hindari memacu mobil tanpa membiarkan mesinnya pemanasan terlebih dahulu. Ini membantu oli mengalir dengan baik ke semua bagian mesin.
  • Periksa Tekanan Oli: Pastikan untuk memeriksa tekanan oli secara teratur. Tekanan oli yang rendah dapat merusak mesin.
  • Cegah Overloading: Hindari membebani mobil melebihi kapasitasnya, karena hal ini dapat meningkatkan suhu mesin dan mempercepat degradasi oli.
  • Periksa Kualitas Oli: Pastikan oli mobil Anda tetap bersih dan tidak terkontaminasi oleh kotoran atau air. Ganti oli jika terlihat kotor atau berubah warna.
  • Perhatikan Perubahan Kinerja: Jika Anda melihat perubahan dalam kinerja mobil atau warna oli yang mencurigakan, segera periksakan ke bengkel.
  • Lindungi dari Suhu Ekstrem: Hindari mengemudi dalam kondisi suhu ekstrem yang dapat memengaruhi kualitas oli. Parkirlah mobil di tempat yang aman dari panas berlebihan atau dingin yang ekstrem.
  • Simpan Catatan Perawatan: Catat setiap perawatan yang dilakukan pada oli dan mesin mobil. Ini membantu dalam melacak jadwal perawatan dan memahami kondisi mobil secara keseluruhan.

Cara mengganti oli mobil sendiri dirumah sangatlah mudah dan memuaskan. Anda bisa melakukannya secara detail tanpa ada satupun tahap yang terlewat. Ini juga bisa menghemat pengeluaran Anda.

Perawatan yang tepat terhadap mobil Anda menjadi kunci utama dalam memperpanjang umur mesin dan menjaga kinerjanya dalam kondisi optimal. Mungkin itu saja artikel dari kami kali ini, ikuti langkah demi langkahnya dengan benar dan Semoga bermanfaat!

  1. ↩︎
  2. ↩︎
  3. ↩︎

Ads - After Post Image

Leave a Comment

Ads - Before Footer